Minggu, 02 Februari 2014

Review Tahta Mahameru

Tahta MahameruTahta Mahameru by Azzura Dayana
My rating: 4 of 5 stars

Seharian ini kuhabiskan dengan membaca novel Tahta Mahameru karangan Azzura Dayana seorang penulis merangkap Backpacker. Sesuai kegemarannya pengarangnya, novel ini berthemakan penjelajahan alam dan travelling yang dikaitkan dengan sisi religius.

Tahta mahameru berkisah tentang kehidupan seorang backpacker bernama Raja Ikhsan yang penuh dendam. Mahameru menjadi peredam amarah dan kobaran dendam pada keluarganya. sebelum pendakian ia selalu bertemu Faras -gadis desa desa ranu pane di kaki mahameru- yang bijak dan berbagi filosofi-filosofi kehidupan. pertemuan mereka singkat namun mampu mengukuhkan keakraban dan kepercayaan untuk berbagi cerita. atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ikhsan melalui email kepada faras setelah mereka berpisah, faras kemudian memutuskan mengikuti jejak jelajah ikhsan sampai melintasi pulau jaa ke negeri ujung pandang Makassar. disanalah teka-teki dan jawaban dirangkumkan faras.

awal membacanya, aku ngerasa bosan dengan penceritaan yang monoton dan minim kejutan.meskipun ada rahasia demi rahasia yang dipendam tokoh ikhsan, aku tak terlalu penasaran. entah sejak kapan aku dengan lihai menilai karya orang, padahal aku hanyalah penulis amatir dengan karya-karya standart.tetapi pertengahan dan menjelang akhir cerita mulai terasa menarik. banyak potongan ayat alquran, hadist, sajak-sajak kahlil gibran dan filosofi-filosofi kehidupan yang membuatku merenunginya seketika.

dayana azzura pandai mengaitkan filosofi-filosofi itu dengan masalah yang menimpa para tokoh. intinya, tahta mahameru mengajarkan untuk menghargai alam sebagai ciptaan Tuhan dan belajar bersyukur, menerima hidup dan memaafkan kesalahan orang masa lalu. salah satu must read.

fitria tee





View all my reviews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar