Kamis, 21 Maret 2013

Perjalanan Sore Tadi


haiii cyber world, 
mendadak pengen posting nihh.. 

Tadi sore,sepulang kuliah, saya memutuskan pulang kampung. entah kenapa hari-hari terakhir kuliah, boringnya makin nambah aja. untuk rehat sejenak, hal terbijak ialah pulkam.
tapi bukan itu intinya, perjalanan Medan-Kabanjahe yang menghabiskan kurang lebih dua jam perjalananlah yang menjadi penyebab postingan ini. sepanjang perjalanan ,tidak seperti biasa, kantuk tidak juga mendera saya, tak ada pilihan lain selain memandang kiri kanan pemandangan jalan lintas Medan-Kabanjahe itu. Miris sekali. lepas dari kawasan sembahe, begitu banyak proyek pengerukan di sepanjang jalan dengan alat-alat berat. kurang tahu juga untuk apa. bisa jadi untuk pembangunan berorientasi profit. dan sebagian pengerukan-pengerukan lahan itu terlihat hanya berjarak kurang lebih seratus meter satu dengan yang lain.

Dengan pemikiran awam saja, kita bisa mengetahui begitu banyak dampak negatif yang ditimbulkan, misalnya bencana yang ditimbulkan akibat pengerukan, pengurangan lahan produktif, dan lain-lain. sebelum memasuki kota Berastagi, dampak itu semakin nyata terlihat, di beberapa bagian terlihat bekas longsoran tanah yang parah..membuat saya bergidik dan waswas juga. sekali saja gumpalan-gumpalan tanah itu menggelinding kearah kendaraan yang berlalu-lalang, habislah cerita.


Saya teringat beberapa minggu terakhir bagaimana betenya saya ketika mengikuti mata kuliah sosiologi lingkungan. tetapi setelah tadi sore, seenggaknya saya paham dan dapat melihat langsung bagaimana dampak degradasi lingkungan yang baru dipelajari minggu lalu. tak banyak memang yang dapat dilakukan orang seperti saya, tapi, paling tidak, kita dapat memulai langkah go green, bahkan dari hal terkecil yang kita pahami. mari kita realisasi slogan close to nature.
fitria tee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar